Cari Blog Ini

Rabu, 01 Desember 2010

Perkembangan dan Hambatan dalam Komunikasi

    
      Dalam melakukan komunikasi setiap orang medapatkan kendala dalam menyampaikan informasi. Maka dari  itu  apa saja yang menjadi hambatan / kendala dalam menyampaikan informasi serta perkembangan tentang informasi.  Dengan mengetahui tentang hambatan dalam berkomunikasi maka  komunikan akan dapat lebih baik dalam menyampaikan informasi.

FASE, TUJUAN DAN HAMBATAN KOMUNIKASI

Perkembangan komunikasi terbagi dalam 2 tahap:
a.      Fase Ekstensif:
      Fase dimana terjadi perkembangan cepat informasi secara kuantitatif.
b.     Fase Intensif
      Perkembangan cepat secara kualitatif. Dalam perkembangan ini sering             kali saluran komunikasi tidak dapat menampung kebutuhan informasi             sehingga akan mengakibatkan :
§           Pemimpin menghadapi beban kelebihan informasi
§           Kesulitan penyimpanan serta pengambilan informasi dari tempat penyimpanan semula
§           Gangguan dalam proses umpan balik
§           Gangguan dalam waktu pelepasan informasi
§           Pemanfaatan tak efektif jaringan komunikasi yang ada

Tujuan Komunikasi
Menurut James. G. March dan Herbert A. Simon tujuan komunikasi digolongkan dalam:
a.      Kegiatan untuk kegiatan komunikasi tidak terprogram
             Contoh: Desas-desus, Kata burung, Grapevine.
b.      Komunikasi memulai dan penciptaan program
c.       Komunikasi pemberian data penerapan strategi
d.      Komunikasi untuk menimbulkan program
e.       Komunikasi tentang hasil kegiatan

Hambatan Komunikasi
Bentuk-bentuk hambatan komunikasi diklasifikasikan menjadi 4 macam, hambatan tersebut adalah:

a.      Hambatan dalam diri pribadi
Faktor-faktor hambatan dalam diri pribadi:
             a. Persepsi Selektif)            
             b. Perbedaan dalam individu & ketrampilan komunikasi).

b.     Hambatan antar pribadi
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
             a. Iklim)
             b. Kepercayaan)
             c. Kredibilitas)
             d. Kesamaan pengirim penerima

c.       Hambatan Organisasional
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
             a. Status)
             b. Transmisi Hirarki)
                         Berikut adalah cara merubah transmisi hirarkis:
                                     Penyingkatan (codensation) :
                                     Penelitian menunjukkan bahwa para penerus berita                                 sering atau cinderung mengubah isi            berita  dengan                                    menyampaikan hanya pokok-pokok            berita (tidak                                                    secara terperinci seperti yang mereka trima).
                                     Closure:
                                     Para penerima berita yang mendua                                                                          (membingungkan) cenderung melengkapi atau                                                      menutup kekurangan informasi.
                                     Pengharapan (expectation):
                                     Kenyataan yang membuktikan penerus informasi                                      sering membelokkan komunikasi kearah yang                                                        mereka inginkan.
                                     Asosiasi:
                 Menghubungkan peristiwa yang satu dengan                                            yang lain  pada kejadian yang sudah-sudah.
             c. Ukuran kelompok)
             d. Kendala-kendala ruangan)

d.     Hambatan Organisasional
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
             a. Bahasa dan pengertian)
             b. Isyarat Non Verbal)
             c. Efektifitas Saluran)
             d. Kebanjiran Informasi)
                         Berikut adalah cara metode untuk menangani kelebihan                          informasi (kebanjiran informasi):
Penyaringan (Filtering) :
                         Setiap informasi yang masuk disaring sesuai dengan tipe                          informasi tertentu yang relevan dengan keadaan.
                         Pengantrian (Queuing):
                         Pemrosesan berita –berita atas prioritas-prioritas dimana                          berita yang berprioritas rendah akan dijadwalkan ulang.
                         Penetapan saluran ganda:
                         Yaitu penambahan saluran-saluran masukan dan keluaran                     seperti penambahan saluran staf khusus atau paralel bila                                                 wewenang didesentralisasikan.
                        
Teknik Peningkatan Efektifitas Saluran Komunikasi
Teknik-teknik yang dikembangkan untuk mengimplementasikan perbaikan-perbaikan saluran komunikasi adalah sebagai berikut:
a.      Penetapan saluran-saluran pribadi
b.      Penetapan dewan khusus
c.       Penyelenggaraan pertemuan-pertemuan tahunan karyawan
d.      Pembentukan tim-tim tugas
e.       Pembentukan tim-tim manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar